Minggu, 26 Juli 2015

Cara Mengatasi Insomnia


Tidur malam selalu menjadi perkara yang tidak mudah untuk saya. Bagi saya tidur nyenyak di malam hari pukul 9 malam  adalah sesuatu yang sulit. Bahkan saya sudah lupa kapan terakhir kali merasakannya. Kebiasaan tidur cukup di malam hari sangat besar manfaat nya. Namun kembali lagi hal ini sangat sulit dilakukan bagi mereka (termasuk saya) yang menderita gangguan pola tidur/kesulitan tidur/insomnia. Begadang sudah menjadi kebiasaan saya sejak SD. Tidak berlebihan jika saya mengatakan dari sd, knp? karena saya ingat betul film drama taiwan yang saya ikuti yaitu Meteor garden baru tayang pukul 10/11 malam. Selanjutnya pola tidur smp, sma, kuliah hingga lulus kuliah terlalu rusak parah. Banyak alasan kenapa saya mengalami insomnia, dari tugas kuliah yang menumpuk, kecemasaan yang berlebihan, hingga hal-hal sepele seperti menonton film. Kadang kegiatan selain tidur saya lakukan karena memang belum mengantuk dan mengisi waktu luang saja. Rata-rata dalam sehari saya hanya tidur 3-5 jam. Bahkan jika sedang banyak kegiatan saya dapat bertahan tidak tidur hingga 2 hari, walau badan rasanya sudah seperti zombie. Sangat mengkhawatirkan bukan?! Saya sadar betul bahwa begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus saya rubah. Di usia saya yang hampir 1/4 abad ini saya sudah menuai banyak dampak negatif dari begadang. 

  • 1. Tingkat kolesterol dalam darah saya cukup tinggi
  • 2. Kantung mata, lingkaran hitam di bawah mata yang amat jelas
  • 3. Produktivitas di siang hari menurun
  • 4. Sering merasa migren


Sebenarnya teman-teman saya sudah cukup prihatin melihat kondisi saya, banyak dari mereka mengirimkan link cara mengatasi begadang. Untuk itu dalam postingan kali ini saya akan merangkum untuk kalian semua. Semoga lebih bermanfaat selain membantu diri saya sendiri juga anda sekalian para pembaca. 

1. Mendengarkan musik
Salah satu cara yang pernah saya coba adalah mendengarkan musik, Tentu saja bukan jenis musik metal, atau rock. Jenis musik yang cocok untuk pengantar tidur adalah yang lembut mendayu-dayu. Dan pilihan saya adalah 1 album penuh lagu "Payung Teduh". Pernah juga mencoba lagu meditasi delta wave di youtube tapi tidak terlalu berhasil (karena kekhawatiran sampai kapan nih selesainya kok laptop jadi nyala terus haha) dan lagu delta wave/relaxing music ini mengingatkan  saat spa di salon.

2. Menghindari kafein
Kafein dalam kopi sangat berpengaruh terhadap pola tidur saya. Mungkin saya termasuk yang sensitif terhadap kafein ya, minum kopi saja bisa langsung membuat saya ingin pup disamping jadi tahan melek. Jadi hindari kopi. 

3. Olahraga
Aktivitas olahraga sangat membantu saya mengatasi insomnia. Tapi bukan olah raga sebelum tidur lho ya. Dalam banyak literatur menyebutkan olah raga sebelum tidur malah semakin menyulitkan tidur. Saya olah raga pada siang atau sore harinya. Joging keliling lapangan cukup membuat saya tidur lebih nyenyak di malam hari. Sayangnya saya tidak joging setiap hari :p

4. Yoga/Meditasi
Latihan nafas agar badan menjadi rilex itu baik dilakukan. Mudah kok tinggal cari di youtube Yoga for sleep dll. Tapi metode ini tidak berhasil bagi saya. Mungkin karena saya gampang tertarik pada suatu hal, jadi malah pensaran dengan video video yoga yang lain. Satu hal positif melakukan yoga adalah mengurangi sakit kepala. Cocok bagi anda yang sering migren dengan penumpukan stres di pundak dan kepala. Cara yang lebih mudah adalah dengan membayangkan diri Anda berada di tempat yang nyaman, berjalan di hutan yang gelap, atau tidur di tumpukan bunga.

5. Hindari Laptop
Ini godaan tersulit ya, kadang kita harus mendisiplinkan diri kapan waktu yang tepat untuk mematikan laptop. Sering kali saat browsing dunia maya kita jadi lupa waktu. Dan lebih sulit juga untuk jauh dari handphone. Nunggu ucapan selamat tidur? adanya temen-temen saya ngomel-ngomel jika saya ketauan begadang. Jadi kalau bisa jauh-jauh itu hp.

6. Jangan Tidur Siang apalagi Sore
Bagi saya tidur siang itu tidak mungkin sebentar. Paling sebentar itu 1,5 jam. Dan itu sangat mengganggu pola tidur saya di malam hari. Beberapa artikel menyebutkan tidur siang baik dilakukan tetapi hanya 30-1 jam saja, itupun sebelum pukul 3 sore. Jadi dapat dipastikan jika saya tidur sore maka malamnya saya pasti begadang. 

7. Perlakukan kasur seperti kasur
Kadang kita semena-mena memperlakukan kasur. Kasur yang fungsinya untuk tidur sering kita gunakan untuk hal lain, semacam tidur-tiduran, nonton film, balas sms, males-males-an (akk aku bgt). Jauh dari kasur di siang hari membuat kita lebih produktif. Dan bila saat tidur tiba kita benar-benar membutuhkan kasur untuk tidur ( aaaa kasur aku mencintaimu ). Kondisi kasur juga perlu dijaga kenyamanan nya, rapikan kasur sebelum tidur. Gunakan seprei dan sarung bantal dari bahan yang lembut, menyerap keringat, dan yang paling penting adalah bersih.

8. Minum Susu/Teh chamomile
Ini tidak pernah saya lakukan. 1.takut gemuk. 2.Teh chamomile jarang ditemukan/mahal) 3. butuh extra effort seperti merebus air hahaha, bisa-bisa saya ga tidur-tidur nunggu air matang. Tapi untuk Anda yang air panas selalu tersedia, mungkin cara ini bisa dicoba.

9. Aromatherapi
Banyak yang mengatakan aromaterapi membuat badan dan pikiran kita rileks. Aroma lavender kerap disarankan sebagai aroma yang bagus untuk membantu tidur. Tapi saya sendiri belum pernah mencoba. Saya termasuk tipe orang yang malah lapar kalau ada wangi-wangian, jadi yah, bagi anda yang suka wangi-wangian bisa dicoba. 

10. Hilangkan keresahan 
Saya sendiri sulit melakukan nya. Menghilangkan apa yang dipikiran  bagi sebagian orang berbeda-beda caranya. Untuk saya pribadi, menuliskan pemikiran saya dalam sebuah kalimat positif amat membantu. Bercerita pada teman dekat juga bisa (Sayangnya teman saya yang masih terjaga saat saya berusaha tidur tidak ada). Cara saya yang lain adalah melihat peliharaan saya (kucing gambar di atas) tidur. Melihat kucing tidur membuat saya ikut mengantuk entah kenapa. Seperti melihat anak sendiri tidur hahaha.  

11. Benda kesayangan
Selimut, boneka, atau guling. Masing-masing orang pasti memiliki benda yang harus ada saat tidur, misal bantal, jadi pastikan benda-benda tersebut harus tersedia sebelum anda tidur. Lain cerita jika itu adalah orang. Kalau ibu saya,  ga bisa tidur kalau bapak tidak ada di rumah :p

12. Membaca Buku
Sebagian orang bercerita bahwa dia merasa sangat mengantuk setelah membaca buku. Tapi hal ini tidak berlaku bagi saya, mungkin mata saya menjadi lelah tapi saya terlalu tertarik membaca kelanjutannya, kalau belum tamat masih penasaran. 

13. Mandi Air Hangat
Mandi dengan air hangat membuat kita rileks, itu benar. Tapi saya mandi air hangat kalau sedang sakit saja. Haha lagi-lagi ekstra effort buat mendidihkan air. Ada cara yang lebih sederhana. Bagi saya kramas di sore hari membuat saya mengantuk setelahnya, tapi rambut yang basah malah jadi penghalang saya untuk tidur. Tapi ya kadang tidur-tidur aja dengan rambut basah hahaha

Semoga bermanfaat, akan segera saya update jika saya menemukan cara yang lebih efektif mengatasi insomnia. Yang paling penting adalah niat kita untuk berubah dengan menyadari bahwa begadang adalah kebiasaan buruk. Mari kita berjuang bersama, meski merubah kebiasaan itu bukan hal yang mudah. Paling tidak kita berusaha untuk menjadi lebih baik kan :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar