Senin, 06 Juli 2015

Nasi Goreng Sayur


Bulan Puasa seperti saat ini tentu banyak sekali ajakan buka bersama, entah itu dengan kolega, teman kuliah, teman sma, teman sd dst. Buka bersama menjadi ajang reuni,  Menjalin silahturahmi yang sempat mengendur, mengupdate kabar terbaru teman-teman terdekat, ajang bergosip, dan bertukar kabar ringan. Hari ini hal semacam itu juga terjadi di rumah. Bapak Ibu ada acara buka bersama keluarga besar, Kakak sekeluarga ada acara buka bersama juga, tinggal saya yang belum berkeluarga bingung mau mencari teman berbuka. Jurus sosial media pun dikerahkan, ngeline si A, bbm si B, wasap si C. Mungkin sedang apes juga semua teman sedang ada acara. Baru kali ini selama ramadan tahun ini merasa buka puasa sendiri, Sepi juga ternyata, jadi ikut merasakan sedikit perasaan sebagai anak kos kalau di bulan puasa buka dan sahur sendirian.
Mau pergi ke luar terus makan sendirian juga rasanya sedikit malas. Apalagi melihat rumah yang sepi sekali bahaya kalau ditinggal-tinggal. Alhasil membuka lemari kulkas mencari bahan makanan yang bisa diolah. Hmm bakso, wortel, tahu, cabe... Jadi pingin bikin nasi goreng.
So here it goes, Sore yang sepi mari kita isi dengan meramaikan dapur. Biasanya keluarga kami menggunakan resep nasi goreng dengan bumbu tumbuk. Namun kali ini saya merasa penasaran untuk membuat sesuatu yang berbeda yaitu dengan bumbu iris.

Bumbu :
1 siung bawang putih
1 sung bawang merah
1 cabe rawit kecil
1 cabe ijo besar
1 batang daun bawang
1 tangkai seledri
1 sdm margarin
1 sdm saos tomat
2 sdm kecap manis
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Bahan :
1 piring nasi putih
1 butir telur
4 gelinding bakso sapi
1/2 batang wortel kecil potong korek api
1 kotak tahu putih potong dadu
1/2 buah tomat hijau

Pelengkap :
bawang goreng
tomat segar

Cara membuat :
1. Lelehkan margarin dalam wajan. tumis bawang merah bawang putih hingga harum, masukan cabai rawit dan cabai ijo besar, bakso, gula, dan garam. lalu ceplok telur diatasnya, tumis hingga telur matang dan terburai kecil kecil.
2. Masukan daun bawang, seledri, wortel dan tahu. biarkan wortel layu, lalu masukan tomat. Masukan nasi putih dan aduk rata.
3. Setelah tercampur kecilkan api, masukan saos dan kecap, aduk rata. Jangan lupa dicicipi, tambahkan garam jika kurang asin. Setelah tercampur rata, matikan api.
4. Nasi goreng siap disajikan, taburi bawang goreng.


Alhamdulilah sore hari ga jadi kesepian, dan ternyata nasi goreng bumbu iris ini rasanya joss.

4 komentar:

  1. Malem malem gini aku jadi laper...resep ny bikin ngiler...krucuk krucuk

    BalasHapus
  2. Malem malem gini aku jadi laper...resep ny bikin ngiler...krucuk krucuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh balasnya disini haha (bloger cupu saya)

      Hapus
  3. Ya ampun dikoment betapa bahagianya saya haha

    BalasHapus