Selasa, 04 Agustus 2015

Black forest


birthday cake

Birthday cake yeayyy!!!
jadi kemarin ceritanya pingin bikin kue ultah sendiri. Jadi deh dari pagi udah nimbang-nimbang bahan. Sebenernya pingin bikin cheese cake atau tiramisu. Tapi usul dari mbak ku adalah blackforest.Dengan pertimbangan kue ini lebih familier di lidah keluarga, toh nanti hasilnya ga tau jadi gimana haha. Dari pada bikin kue aneh-aneh yang belum tentu enak hasilnya. Mari kita mulai dari yang dasar dahulu yaitu blackforest..

Berbekal resep googling
Bahan :

  • 8 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 60 gram cocoa bubuk
  • 100 gram mentega
  • 200 gram gula pasir
  • 40 gram tepung maizena
  • sedikit vanili 
Cara membuat :
  1. Kocok telur dengan gula pasir, untuk lebih cepat nya gunakan gula halus ya, kocok dengan mixer kecepatan penuh hingga mengembang. Sampai adonan kental, tapi jangan terlalu lama mengocok ya.
  2. Ayak tepung terigu, bubuk cocoa, tepung maizena, masukan secara perlahan-lahan pada adonan. Cukup aduk dengan solet/pengaduk dari plastik elastik, sampai tercampur.
  3. Lelehkan mentega, dinginkan. Tuang mentega cair ke dalam adonan tadi tambahkan juga sedikit vanili. Aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi mentega dan tepung terigu. Oven pada suhu 180 derajat Celcius selama 20-30 menit kira-kira kue matang. 
Tara!!! kue nya sudah jadi. Untuk percobaan pertama black forest ini kue nya sudah enak, Cuma agak sedikit bantat, Kenapa? karena pas pemanggangan gas nya habis huhuu, jadi suhu tidak stabil, suhu nya sempat turun untuk ganti kompor. Well, buat kalian yang mau praktek, pastikan gas nya siap sedia ya. Terus pengocokan telur dan gula jangan terlalu lama, jadi saya sarankan lain kali pakai gula halus aja ya, biar lebih cepet ngembang.

Bagi saya menghias kue adalah momen krusial. Boleh jadi kue nya kurang sip, tapi untuk soal penampilan harus nomor satu. hehe 
Jadi saya nyiapin platting sedari awal, iniah amunisi saya 
  1. Whipping cream instan
  2. Selai blueberry
  3. Spluit/cetakan penghias kue
  4. Plastik
  5. Plester
  6. Tisu
  7. Pisau
  8. Mangkuk
  9. Pewarna makanan
Buat whipping cream dari bubuk whipping cream (200 gr) ditambah 400 ml air dingin keudian kocok hingga mengembang cepet kok 2-3 menit aja. Bisa ditambah susu kental manis atau gula halus kalau ingin lebih manis. Bagi whipped cream ke dalam beberapa mangkuk terpisah dan beri pewarna. 
Saya pake merah untuk warna pink, ungu untuk ungu muda, dan hijau. Yah sesuai selera aja ya. 

Kue blackforest tadi bagi menjadi 2 bagian secara horizontal. Di antara nya saya oleskan selai blueberry kemudian sedikit whipped cream lalu satukan lagi kedua nya. Olesi whipped cream pada seluruh bagian kue hingga putih. Mengoleskan nya bisa menggunakan pisau, biar permukaan tetap halus. 
 Langkah selanjutnya adalah menggunakan whipped cream yang sudah diberi pewarna untuk menghias. Masukan spluit ke dalam plastik, lubangi ujungnya. Tips saya plester ujung plastik dengan spluit biar stabil. Masukan whiped cream ke dalam plastik dan tinggal menghias sesuai selera.

Akhir-akhir ini saya terobsesi sama mawar, jadi pingin bikin mawar. Udah liat di youtube beberapa kali cara membuatnya dan ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Pilih spluit dengan ujung pipih. Buat masing masing kelopak pada alat yang bisa diputar-putar (saya pakai botol pewarna bekas yang ujungnya saya tempeli kertas) baru kemudian pindahkan ke cake dengan gunting. Bagian imajinasi ini susah dituliskan dalam kata-kata ya, hehe. Saya yang penasaran pun ingin nyobain semua jenis spluit yang ada, jadi deh yang ujung nya runcing jadi daun, yang ujungnya kayak bunga jadi spiral dsb. 


Tips. Whipped cream ini sangat mudah lumer karena panas ya, jadi kalau kelamaan pegang plastik bag nya juga ga bagus. Secara bergantian saya masukin kulkas plastik bagnya. Misal pas bikin bunga pink, yang ungu hijau saya masukin kulkas, 

Setelah dilihat-lihat lebih mirip wedding cake ya daripada birthday cake atau blackforest. Hahaha kode garis keras di ultah saya yang ke 25. Semoga segera bertemu jodoh, Aminn 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar