Minggu, 15 Juli 2012

Cherry Jowo


Entah siapa yg pertama kali menebar benih disitu, mungkin dulu terbawa angin, atau bahkan bekas hewan berak hahaha, yang jelas kini dilahan itu tumbuh pohon yang amat difavoritkan anak2 di gang rumah ku. Tumbuh tepat disamping rumah, satu meter dari kamarku, dalam petak tanah kosong, pohon yang selalu ramai riuh anak-anak bermain di bawahnya. Bukan tanpa sebab pohon itu begitu disukai, bahkan aku sayang padanya, ceilee ;p
Selain cabang ranting nya yang menaungi tanah disekitarnya, pohon ini juga mudah dipanjat, dan lebih istimewanya lagi pohon ini berbuah.  Bukan buah biasa, buah yg cukup jarang kita temui , warnanya merah, rasanya manis sekali, berbutir-butir kasar seperti pasir namun sangat juicy. Aku jd membayangkan andai aku berumur 8 tahun, pasti akan kupanjat pohonya buat nyari buah ini lebih banyak. Untung saja aku inget usia dan berat badan, kasian si pohon kayaknya dia gak bakal kuat deh. Lebih kasian lagi tetanggaku yg liat        -_____- . Jadi kadang-kadang aku cm ngambil yg mudah digapai pake tangan aja, ga cm anak-anak lho yg makan buah ini, ibu2 di sini jg sering metik.  Golek bolo :D

Bentuk buahnya sungguh elegan, bagaikan cherry

Sebenernya tangkainya gak nyambung itu cm buat estetik aja :D sambil memaksakan ide kalo mirip cherry hahha
Yup setelah liat gambarnya, pasti udah tau kan ini buah apa, yang dari jawa pasti bilang talok, yang dari luar jawa or ga ngerti bhs jawa bisa bilang kersen,yg mau sok sok ilmiah bisa bilang Muntingia calabura, atau yang mau gaya gaya cinta laura bisa bilang Jamaica cherry/Panama berry/Singapore cherry. Kata mener belanda namanya japanese kers. Tapi buat saya yg cinta bhs indonesia mari kita pakai kata kersen.
Pohon kesen ini banyak manfaatnya lho dari buah hingga bungga nya, masih ga percaya? Baca yuk

#  Dari buah nya dulu yg enak dimakan 

  • 1. Kata ibu saya buah kersen bisa buat anti asam urat, entah mitos atau bener? Setelah browsing sana sini ternyata buah kersen ini terbukti dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat.
    2.     Jus buahnya bisa juga lho buat mencegah cedera otot buat para atlet dan pekerja berat. Wow 
    3.     Menurunkan glukosa darah juga, cocok buat yg diabet ni

    #Bunga kersen


    1.   Bunganya dipercaya mengandung antiseptik.
    2.  Bahkan ada yang dibikin infus yang dipercaya mengurangi sakit kepala, flu dll

    #Daun Kersen


1.Hampir sama kayak bunganya, rebusan daun kersen dipercaya sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri seperti : P. Vulgaris, S. Epidemidis C. Diptheriae , S. Aureus, dan K. Rhizophil.
2. Sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi radang dan menurunkan panas
3.  Dan yang palig Hot ni, bisa untuk anti tumor anti cancer, terbukti secara invitro. Yang ditengarai Kandungan antioksidan seperti flavonoid, saponin, glikosida, steroid dan tannin.
4.       Rebusannya juga bisa menurunkan kadar gula darah


              Tak lupa kandungan Gizinya per 100 gram
          Air 77,8 gr
          Protein 0,384 gr
          Lemak  1,56 gr
          Karbohidrat  17,9 gr
          Serat  4,6 gr
          Abu  1,14 gr
          Kalsium  124,6 gr
          Fosfor  84 mg
          Besi  1,18 mg
          Karoten  0,019 gr
          Tianin  0,065 gr
          Ribofalin  0,037 gr
          Niacin  0,554 gr
          Vitamin C  80,5 mg
          Energi yang dihasilkan  380 KJ/100 g

Wow banyak bgt ya manfaatnya, ga rugi deh rebutan sama anak-anak kecil ;p
Dari yg saya sebutkan diatas, saya cm pernah nyoba buahnya aja, daun sm bunga blm pernah,blm butuh dan  ga ngerti takeranya jg sih. Bahaya atau enggaknya saya kurang tau, kalo mau boleh lho search lg di jurnal2. Atau mungkin muncul ide2 manfaat lain yg bisa jadi judul skripsi. Eaaaaa :D
Info info diatas saya ambil dari berbagai sumber , yg beberapa saya lupa ambil atau baca dmn hihihi, semoga bermanfaat, maaf juga bhsnya kurang baku, takut kalo pada ketiduran bacanya ;p
Buat yg penasaran atau susah nyari pohon ini, boleh lho maen ditempat saya :D sampai saat ini pohonya masih tegak berdiri, berdoa moga2 ga ditebang. Amin
Sekian cerita cherry jowo, buah lucu nan ajaib hahaha
ada yang mau? nih saya kasih

Ada yg pengen nyobain buah kersen? Nih saya kasih 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar