Rabu, 09 November 2016

Donat Kentang isi Kurma


Selamat pagi.. 
Sesuai judul hari ini saya akan sedikit share mengenai resep donat kentang,,.
dulu,,, dulu ,, sekali jaman praktikum saya pernah bikin donat kentang yang enyakk, tapi entah dimana resep nya hilang. So di kali kedua ini kebetulan saya menemukan resep dan saya praktekan enak. Maka jangan sampai hilang lagi, resep-nya akan saya share disini, kali-kali besok lupa lagi :p
Oia resep yang saya pakai ini diadaptasi dari resep yang saya dapat di @doyanbaking (instagram) dengan sedikit modifikasi. 

Bahan :

  • 500 gr Tepung terigu (Cakra)
  • 75 gr Mentega
  • 100 gr Gula Halus
  • 200 gr Kentang
  • 11 gr Ragi instan / fermifan (1 sachet)
  • 1/4 sdt Garam
  • 4 butir Kuning Telur 
  • 100 ml Air dingin
  • 1 Sachet susu bubuk (dancow putih) 
  • 50 gr Kurma
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat :

  1. Rebus 200 gr kentang. Kupas dan lumatkan. Diamkan hingga dingin
  2. Campur Tepung terigu, susu bubuk, gula halus, ragi. Aduk rata. Tambahkan telur, kentang dan air dingin aduk rata hingga tercampur.
  3. Tambahkan mentega dan garam, uleni hingga kalis.
  4. Diamkan adonan dalam wadah tertutup / wadah yang ditutup kain kering diamkan selama 25 menit.
  5. Kempiskan adonan yang telah mengembang dan bentuk sesuai selera. Disini saya membentuk donat dengan bentuk bulat. Kemudian saya isikan kurma.
  6. Kembali diamkan adonan donat dalam wadah tertutup selama 20 menit.
  7. Goreng donat dalam minyak panas dengan api kecil hingga kuning ke coklatan.
  8. Taburkan gula halus diatas donat.
Did you know?
Kunci dalam pembuatan donat adalah ragi. Agar bisa mengembang dengan baik, dibutuhkan kondisi lingkungan yang memungkinkan ragi untuk hidup. Nah ragi akan mati di kondisi adonan yang panas. Jadi penting diperhatikan kenapa disini menggunakan air dingin. Yap agar kondisi adonan senantiasa netral karena proses pengulenan yang terlalu lama dapat meningkatkan suhu adonan karena temperatur tangan kita yang hangat.
Yang kedua adalah proses pengulenan. Agar mengembang sempurna dan menghasilkan donat yang lembut, bahan-bahan perlu tercampur dengan baik. Jadi uleni bahan hingga kalis elastis. Ketika adonan dicubit tidak mudah terputus.
Sering ga sih kalian bikin donat tapi cepet gosong? Yaps, itu kebanyakan gula, maka disini pake 100 gr aja. Jangan lupa mengoreng dalam minyak panas tp api kecil. Caranya? panaskan dulu minyak, kemudian kecilkan api, agar panas stabil saat menggoreng.
Isian donat bisa disesuaikan menurut selera, yang populer sih coklat, fla, dan selai. Tapi di rumah adanya kurma. Rasanya? pas banget manisnya, karena adonan tidak terlalu manis, manis dari kurma di dalam donat ini menyeimbangkan  >_<
Untuk topiing pun sebenernya sangat variatif ya, bisa mieses, coklat, kacang dsb. Tapi yang classic dan mudah dicari ya gula halus. Disini saya sedikit taburkan bubuk kayu manis sebagai aroma dan dekoratif (kalau bisa dilihat itu gambar love dari bubuk cinnamon/kayu manis).

Rasanya?
Enak banget, dari keponakan sampe simbah semua suka. Dan surprisingly the day afternya donat ini masih enak, lembutt. Very very recomended recipe!












Tidak ada komentar:

Posting Komentar